Coronavirus disease (COVID-19)

Coronavirus disease (COVID-19)

SCAM ALERT

WHO is aware of suspicious activity attempting to take advantage of the COVID-19 emergency through fraudulent email and WhatsApp messages that attempt to trick you into clicking on malicious links or opening attachments. If you are contacted by a person or organization that appears to be WHO, verify their authenticity before responding.

Global update on coronavirus disease

As of 25 May 2020, a total of 5 304 772 people have been reported confirmed for coronavirus disease (COVID-19) globally. Among these, there have been 342 029 deaths reported related to COVID-19.

Update on coronavirus disease in Indonesia

As of 25 May 2020, the Government of the Republic of Indonesia has reported 22 750 persons with confirmed COVID-19. There have been 1 391 deaths related to COVID-19 reported and 5 642 patients have recovered from the disease. WHO is working with the Indonesian Government to monitor the situation and prevent further spread of disease.

This page shares information on coronavirus disease and advice for the public on how to keep healthy and prevent the spread of illness in Indonesia.

The Ministry of Health (MoH) of the Republic of Indonesia has taken actions to enhance response efforts for COVID-19 in Indonesia, referring to WHO interim guidance on the novel coronavirus. Please see the links below for MoH COVID-19 related information.

COVID-19 Online courses

WHO experts have developed a brand new suite of online courses on the detection, prevention, response and control of COVID-19. The trainings are available in a range of languages.
 

Rancangan Fasilitas Pengobatan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Berat

Kursus ini memberikan prinsip, persyaratan minimum dan spesifikasi teknis untuk merancang dan mengatur fasilitas terkait SARI melalui kuliah singkat dan tutorial teknis. Targetnya adalah personel yang terlibat dalam kesiapsiagaan dan respons, termasuk manajer dan perencana kesehatan, arsitek, insinyur, logistik, staf air dan sanitasi, staf klinis dan keperawatan, penjaga dan penyedia perawatan kesehatan lainnya, dan promotor kesehatan.

Penyakit infeksi emerging akibat virus, termasuk COVID-19 : metode deteksi, pencegahan, respons dan pengendalian

Kursus ini memberikan pengenalan umum untuk COVID-19 dan virus pernapasan yang muncul dan ditujukan untuk para profesional kesehatan masyarakat, manajer insiden dan personel yang bekerja untuk PBB, organisasi internasional dan LSM lainnya.

Emerging respiratory viruses, including nCoV: methods for detection, prevention, response and control

“Emerging respiratory viruses, including nCoV: methods for detection, prevention, response and control” is a free, open-source learning resource for anybody interested in COVID-19.

Pedoman rencana operasional dan COVID-19 platform mitra untuk mendukung kesiapsiagaan dan respons nasional

Kursus ini merupakan pengembangan modul pembelajaran sebagai pendamping dari pedoman rencana operasional untuk mendukung kesiapan, kesiapsiagaan, meningkatkan kapasitas penanggulangan dan respons nasional terhadap COVID-19.

ePROTECT Infeksi Pernafasan (ID)

Semua personel yang menanggapi wabah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar untuk menyusun respons yang efektif. Mereka perlu memahami apa ISPA itu, bagaimana penularannya, bagaimana menilai risiko infeksi dan memahami langkah-langkah kebersihan dasar untuk melindungi diri mereka sendiri. Paket pembelajaran ini terdiri dari 4 modul dengan video dan presentasi yang dapat diunduh.

Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) untuk Novel Coronavirus (COVID-19)

Kursus ini memberikan informasi tentang apa yang harus dilakukan oleh fasilitas kesehatan agar siap merespon kasus virus pernapasan baru seperti novel coronavirus, bagaimana mengidentifikasi kasus, bagaimana menerapkan langkah PPI dengan benar. Pelatihan ini ditujukan untuk petugas kesehatan dan profesi kesehatan masyarakat, karena fokusnya ada pencegahan dan pengendalian infeksi.

Tatalaksana klinis infeksi saluran pernapasan akut berat

Kursus ini merupakan pelatihan singkat klinis WHO untuk Infeksi Saluran Pernafasan Akut Berat (SARI) mencakup konten tentang manajemen klinis pasien dengan infeksi pernapasan akut yang berat. Ditujukan untuk dokter yang bekerja di unit ICU yang mengelola pasien dengan bentuk infeksi pernapasan akut berart (SARI), termasuk pneumonia berat, sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), sepsis dan syok septik.

Technical guidance

As of 31 January 2020, WHO Indonesia has shared the following technical guidance on the novel coronavirus (COVID-19).

Additional guidance